Beranda > Artikel > Hidup Kesepian Picu Tekanan Darah Tinggi

Hidup Kesepian Picu Tekanan Darah Tinggi

Orang-orang yang merasa kesepian memiliki kecenderungan mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi dihari tua.
Hasil penelitian yang dilakukan tim dari Chicago University menyebutkan, rasa kesepian yang mendera potensial untuk terus meningkatkan tekanan darah dari waktu ke waktu. Dampak tersebut akan nampak jelas saat seseorang menginjak usia diatas 50 tahun.
Kesimpulan ini merupakan hasil studi yang pertamakalinya memperlihatkan adanya keterkaitan langsung antara rasa kesepian dengan hipertensi. Hal ini tidak bisa dianggap remeh, karena seperti kita tahu, hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit serangan jantung dan stroke.
Dilansir Daily Mail, Jumat (19/3/2010), salah satu peneliti bernama Dr Louise Hawkley menyebutkan, rasa kesepian menjadi faktor risiki pengganggu kesehatan yang unik.
"Kesepian tidak selalu berarti hidup sendiri. Beberapa orang yang menjalani kehidupan sangat sibuk dan memiliki jaringan pertemanan yang baik pun bisa merasakan kesepian. Hal ini memicu risiko kesehatan bagi mereka," kata Louise.
Sebelumnya, ada studi terpisah yang menyimpulkan bahwa orang-orang yang kesepian berisiko dua kali lebih rentan terkena Alzheimer, yaitu penyakit kepikunan yang ditandai penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif.
Louise dan timnya kemudian mengadakan studi terbaru yang melibatkan 229 orang berusia 50 hingga 68 tahun. Peneliti mengikuti perkembangan separuh perjalanan hidup partisipan selama empat tahun untuk mengetahui riwayat hidup mereka.
Hasilnya, diantara mereka yang diketahui merasa kesepian, mengalami peningkatan tekanan darah hingga 14,4 mm. Di Inggris, hipertensi menjangkiti 16 juta warganya dan memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan risiko terkena serangan jantung dan gagal jantung.

sumber:

http://techno.okezone.com/read/2010/03/19/56/314022/56/hidup-kesepian-picu-tekanan-darah-tinggi

Kategori:Artikel
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: