Beranda > Buah, Cerita > Padangsidimpuan “Kota Salak”

Padangsidimpuan “Kota Salak”

Mendengar “Kota Salak” pasti kita akan langsung tahu bahwa itu Padangsidimpuan, ya, memang betul, Kota yang dahulu itu disebut “Padang Na Dimpu”,yang artinya suatu daratan di ketinggian yang di tumbuhi ilalang. Pada awal nya daerah ini hanya sebagai tempat peristirahatan dari para pedagang yang akan melanjutkan perjalanan nya menuju Medan atau daerah lain.

Buah Salak

Salak adalah pohon Palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang, berduri banyak, melata dan beranak banyak, tumbuh menjadi rumpun yang rapat dan kuat. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah, membentuk rimpang, sering bercabang, diameter 10-15 cm.
Salak ditemukan tumbuh liar di alam di Jawa bagian barat daya dan Sumatra bagian selatan. Akan tetapi asal-usul salak yang pasti belum diketahui. Salak dibudidayakan di Thailand, Malaysia dan Indonesia, ke timur sampai Maluku. Salak juga telah diintroduksi ke Filipina, Papua Nugini, Queensland dan juga Fiji.

Sebagian ahli menganggap salak yang tumbuh di Sumatra bagian utara berasal dari jenis yang berbeda, yakni S. sumatrana Becc.. S. zalacca sendiri dibedakan lagi atas dua varietas botani, yakni var. zalacca dari Jawa dan var. amboinensis (Becc.) Mogea dari Bali dan Ambon.

Berdasarkan kultivarnya, di Indonesia orang mengenal antara 20 sampai 30 jenis di bawah spesies. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah salak Sidimpuan dari Sumatera Utara, salak condet dari Jakarta, salak pondoh dari Yogyakarta dan salak Bali. Salak condet merupakan flora propinsi DKI Jakarta. (wikipedia)

Map picture

Kota Padangsidimpuan adalah sebuah kota di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini pernah menjadi bagian dari Kabupaten Tapanuli Selatan, sebagai pusat pemerintahan yang berstatus Kota Administratif di bawah tanggungjawab Bupati Tapanuli Selatan. Sejak tanggal 21 Juni 2001 kota ini berdiri sendiri (otonom).

Salah satu Plasa di Kota Padangsidimpuan.

City WalkPsp

Note:-Gambar, hasil penulusarn di Google, dan Map dari bing

Kategori:Buah, Cerita Tag:,
  1. 2 Juli 2013 pukul 5:42 am

    Heya i am for the first time here. I came across this board and I in finding It truly useful & it
    helped me out a lot. I’m hoping to offer something again and help others such as you helped me.

  2. 28 September 2015 pukul 11:34 am

    And how do you garner a lot of traffic?. . I want to make a blog regarding my “adventure” with a little thing people like to call the entertainment industry. I want to include photos, experiences tips, and stories is that enough or?? And should i make my on blog or use something like blogger or flat press?.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: